Sale Pisang, Camilan Tradisional

Pisang merupakan komoditas yang banyak tumbuh dan berkembang di Indonesia. Dengan kelimpahan pisang di Indonesia, membuat pisang menjadi buah-buahan yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat. Pisang memiliki karakteristik rasa yang tidak terlalu manis, enak, dan lembut untuk digigit. Karakteristik ini lah yang membuat pisang menjadi buah yang dapat dikonsumsi secara langsung. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, buah pisang memiliki potensi untuk dapat diolah menjadi camilan yang memiliki nilai tambah. Salah satu upaya dalam meningkatkan nilai tambah buah pisang dengan mengolahnya menjadi Sale pisang. Sale pisang ialah produk turunan atau hasil pengolahan dari buah pisang yang menjadi sebuah camilan nikmat dan menjadi favorit untuk banyak orang. Dalam proses pengolahannya sale pisang dapat dibagi menjadi sale pisang basah dan sale pisang kering. Kedua Jenis sale pisang ini memiliki perbedaan dari segi pengolahannya, sale pisang kering melalui proses penggorengan dalam pembuatannya tidak seperti sale pisang basah yang hanya dilakukan penjemuran saja.

Secara umum kedua jenis sale pisang ini melewati proses yang sama yakni penjemuran. Penjemuran sale pisang ini memiliki tujuan utama untuk dapat mengurangi kadar air yang terkandung dalam buah pisang tersebut, sehingga produk sale pisang bisa lebih tahan lama. Proses produksi sale pisang ini memakan waktu yang tidak sebentar karena membutuhkan proses penjemuran yang sangat bergantung pada cahaya matahari. Setelah jadi, sale pisang memiliki karakteristik rasa manis, legit dan untuk tekstur yang dihasilkan tergantung sale pisangnya. Sale pisang basah memiliki tekstur yang cukup lembut dan mudah patah jika dimakan, sedangkan untuk sale pisang kering memiliki tekstur renyah karena sudah melalui proses penggorengan dengan penambahan tepung. Sale pisang yang dihasilkan setiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda beda, namun untuk dapat memastikan mutu yang baik dari sale pisang adalah dapat dilihat dari warna, rasa, bau, kekenyalan dan masa simpan. Mutu sale pisang ini dapat dipengaruhi secara langsung dari pengolahan, perlakuan dan penyimpanan  produk.

Pengolahan buah pisang menjadi produk sale pisang menjadi salah satu upaya dalam meningkatan nilai tambah komoditas pisang yang mana secara langsung dapat berdampak pula pada peningkatan ekonomi masyarakat melalui pengolahan produk. Dengan adanya inisiasi berbagai pihak untuk Bersama-sama mengembangkan potensi dan meningkatkan nilai tambah sebuah produk, pastinya akan memberikan kesejahteraan masyarakat untuk terus melanjutkan kehidupannya.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *