Tepung Pisang

Tepung pisang adalah produk yang dihasilkan dengan menggiling buah pisang kering. Tepung pisang merupakan salah satu produk hasil olahan pisang yang dibuat sebagai kegiatan penanganan seusai pisang dipanen. Mengapa perlu dilakukan penanganan pasca panen pada buah pisang? Jawabannya adalah karena pisang merupakan buah yang terus mengalami proses pematangan setelah dipanen dan memiliki daya simpan yang relatif singkat. Mengolah pisang menjadi tepung pisang dapat memperpanjang daya simpan pisang tanpa mengurangi nilai gizinya. Pada umumnya semua jenis pisang dapat diolah menjadi tepung pisang, karena kandungan karbohidratnya yang tinggi yakni berkisar antara 17,2-38%. Jenis pisang yang memiliki potensi untuk diolah menjadi tepung pisang salah satunya adalah pisang nangka. Pisang nangka tua yang tidak terlalu matang atau tiga perempat matang dapat menghasilkan tepung dengan mutu yang baik.

Tepung terigu merupakan tepung yang dihasilkan dari penggilingan biji gandum, yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kue, mie, roti, dan bahan makanan lainnya. Hingga saat ini belum ada bahan lain pengganti gandum untuk menghasilkan tepung terigu, karena gandum merupakan biji-bijian yang mengandung gluten, yaitu protein yang ada dalam tepung terigu yang tidak larut dalam air dan memiliki sifat elastis. Tingkat konsumsi tepung terigu di Indonesia sangatlah tinggi, maka untuk mengatasi permasalahan ini diupayakan pengolahan produk tepung dengan bahan lokal yang melimpah di Indonesia. Salah satunya adalah pembuatan tepung pisang nangka yang kaya akan kandungan energi, vitamin C, B komplek, kalsium, B6 dan serotonin yang berfungsi sebagai neurotransmitter yang memperlancar fungsi otak. Tepung pisang nangka juga dapat membantu mencukupi kebutuhan gizi dengan mengolahnya menjadi pangan fungsional yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Seperti yang kita ketahui bahwa beberapa orang dengan latar belakang kesehatan tertentu tidak dapat mengkonsumsi gluten. Penggunaan tepung pisang sebagai pengganti penggunaan tepung terigu pada produk makanan dapat menurunkan kadar gluten dalam produk, sehingga produk pangan aman dikonsumsi untuk banyak kalangan dengan latar belakang kesehatan yang berbeda. Berikut adalah beberapa produk yang dapat dihasilkan dengan memanfaatkan tepung pisang sebagai bahan baku, antara lain adalah biskuit, bolu, snack bar, dan campuran makanan balita.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *